Bismillah....

"Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati (Nya)." (QS. AN NAML:62)

Minggu, 08 Juli 2012

Tugas Paper BTM
ASIDULAN : ASAM MALAT





Disusun oleh :
Fina muftia          
(240210090134)



unpad
 









JURUSAN TEKNOLOGI INDUSTRI PANGAN
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN
UNIVERSITAS PADJADJARAN
SEMESTER GENAP
2012



PENDAHULUAN
Penggolongan BTP yang diizinkan digunakan pada pangan menurut PeraturanMenteri Kesehatan RI No. 722/Menkes/Per/IX/88 adalah sebagai berikut :
1.      Pewarna, yaitu BTP yang dapat memperbaiki atau memberi warna pada pangan.
2.      Pemanis buatan, yaitu BTP yang dapat menyebabkan rasa manis pada pangan, yangtidak atau hampir tidak mempunyai nilai gizi.
3.      Pengawet, yaitu BTP yang dapat mencegah atau menghambat fermentasi,pengasaman atau peruaian lain pada pangan yang disebabkan oleh pertumbuhanmikroba.
4.      Atioksida, yaitu BTP yang dapat mencegah atau menghambat proses oksidasi lemak sehingga mencegah terjadinya ketengikan.
5.      Antikempal, yaitu BTP yang dapat mencegah mengempalnya (menggumpalnya)pangan yang berupa serbuk seperti tepung atau bubuk.
6.      Penyedapa rasa dan aroma, menguatkan rasa, yaitu BTP yang dapat memberikan,menambah atau mempertegas rasa aroma.

Asidulan merupakan senyawa kimia yang bersifat asam yang ditambahkan padaproses pengolahan makanan dengan berbagai tujuan. Asidulan dapat bertindak sebagaipenegas rasa dan warna atau menyelubungi after taste yang tidak disukai. Sifat asamsenyawa ini dapat mencegah pertumbuhan mikroba dan bertindak sebagai bahan  pengawet. Kemudian pH rendah buffer yang dihasilkannya mempermudah prosespengolahan. Bahan ini bersifat sinergis terhadap antioksidan dalam mencegah ketengikandan browning.
Asam yang banyak digunakan pada bahan makanan adalah asam organik seperti asamasetat, asam laktat, asam sitrat, asam fumarat, asam malat, asam suksinat, dan asamtartrat. Sedangkan satu-satunya asam organik yang digunakan sebagai pengasammakanan adalah asam fosfat. Asam anorganik lain seperti HCL dan H2O4 mempunyaiderajat disosiasi yang tinggi sehingga berakibat kurang baik bagi mutu produk akhir.
Selain untuk tujuan di atas, ada beberapa macam asam dan senyawa bersifat asamyang berfungsi sebagai bahan pengawet, bahan pengembang adonan, pengkelat, dan lain-lain

ASAM MALAT
Asam malat ditemukan pada tahun 1785 oleh Carl Wilhelm Scheele pada eksperimennya dengan jus apel. Kata malat berasal dari bahasa Latin yaitu “malum” yang berarti apel. Nama asam malat pertama kali diusulkan pada tahun 1789.
Asam malat (malic acid) adalah asam dikarboksilat yang memberikan rasa asam dan getir dalam berbagai buah seperti apel hijau dan anggur. Asam malat juga dapat dicampur dengan beberapa perasa makanan  untuk memberikan berbagai jenis sensasi rasa. Jenis asam ini memiliki rantai senyawa dasar yang mencakup atom karbon terikat dengan ikatan ganda atom oksigen serta senyawa hidroksida Asam malat merupakan senyawa organik yang memiliki rumus kimia HO2CCH2CHOHCO2H. Zat ini juga memainkan peran dalam pembentukan adenosin trifosfat (ATP). Asam malat merupakan senyawa alami yang ditemukan dalam banyak buah. Buah-buahan lain yang juga mengandung asam malat diantaranya adalah apel, nanas, aprikot, gooseberry, raspberry, ceri, dan lemon. Apel adalah salah satu sumber makanan terbaik yang mengandung asam malat (malic acid). Asam malat berguna untuk meningkatkan produksi energi dalam sel, meringankan gejala fibromyalgia, dan sindrom kelelahan kronis.
Asam malat dapat disintesis dalam tubuh melalui siklus asam sitrat (Krebs) untuk meningkatkan metabolisme energi. Tanpa asam malat, siklus tersebut tidak dapat berjalan baik sehingga produksi energi tubuh juga akan berhenti. Asam malat bermanfaat pula untuk orang yang menderita fibromyalgia, suatu kondisi yang menyebabkan nyeri otot, nyeri sendi, dan rendahnya tingkat energi.
Asam malat memainkan peran penting dalam kinerja otot secara keseluruhan, mengurangi kelelahan otot dan meningkatkan energi tubuh. Zat ini juga berfungsi mengurangi toksisitas di dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit hati dan gangguan otak dengan cara mengikat logam beracun dalam tubuh. Selain itu, asam malat membantu menjaga kulit tetap sehat dan muda, sekaligus membantu menjaga kebersihan mulut.
Asam malat dapat ditemukan dalam sejumlah produk seperti minuman berkarbonasi, produk susu yang diasamkan, buah kaleng, produk roti, serta produk perawatan medis dan pribadi.
Asam malat sering digunakan dalam banyak makanan, khususnya permen agar rasanya menjadi sangat asam atau pahit. Anggur (wine) juga diberikan tambahan asam malat untuk memberikan rasa asam.
Asam malat sering digunakan oleh dokter gigi untuk membersihkan enamel gigi sebelum dibor dan ditambal.
Dosis aman suplemen asam malat yang direkomendasikan adalah 1.200 hingga 2.400 mg per hari. Sebuah studi pada tahun 1995 oleh Universitas Texas menemukan dosis tersebut efektif dan aman saat digunakan untuk 24 pasein fibromyalgia (oketips.com) 
Reaksi:
Posted by MuFin On 18.09 No comments

0 komentar:

Share it

salah satu mimpiku..

salah satu mimpiku..
Prof. Dr. Fina M, Ir., M.Sc. (say : amin )

UNPAD

Himatipan UNPAD

Himatipan UNPAD
Blog himpunan jurasan teknologi pangan, Faktultas teknologi Industri Pertanian, UNPAD.

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

Total Tayangan Laman

jejak pengunjung.......

About Me

Foto Saya
MuFin
alhamdulillah, sekarang menuntut ilmu di kota "paris van java", angkatan 2009. target saya lulus 4 tahun (amin..) Berusaha agar hidup semata2 hanya untuk Allah.. Aku hanyalah seorang perempuan biasa yang memiliki mimpi yang tak biasa, seorang perempuan tak pintar yang ingin belajar untuk menjadi pintar, seorang perempuan yang penakut yang selalu semangat meraih cita-cita, seorang perempuan cengeng yang selalu berani menatap masa depan, seorang perempuan yang selalu menatap dengan senyum walau badai menghampiri... menatap ke bawah saat tergoncang, dan menatap ke atas saat tak ada badai dan Aku.... mencintai nya, sangat mencintai Nya.
Lihat profil lengkapku
  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

    ^_^

    Recent Posts

    Text Widget

    ”Ada tiga perkara yang apabila terdapat pada diri seseorang, maka dia akan mendapatkan manisnya iman. Yaitu, dia lebih mencintai Allah dan Rasul-Nya daripada selain keduanya. Dia mencintai seseorang dan dia tidak mencintainya melainkan karena Allah. Dia enggan kembali kepada kekufuran setelah Allah menyelamatkannya dari kekufuran itu, sebagaimana dia enggan untuk dilemparkan ke dalam neraka” (HR. Bukhari dan Muslim).

    Listen To Qur'an

    Unordered List

    BThemes

    free counters

    Followers